Ad Home

Translate

Facebook

banner image

FB

Most Viewed

Friday, January 18, 2013

Tips untuk pemula yang (baru) ingin pelihara burung kicau

Pelihara burung kicauan bukan hal yang asing saat ini. Seiring menjamurnya pasar-pasar burung dan kios, membuat banyak sebagian orang untuk ikut memelihara burung kicauan.

Ada sedikit dari saya, untuk Anda yang sebelumnya belum pernah sama sekali pelihara burung berkicau.  

Berikut adalah tips untuk memilih burung yang bisa Anda jadikan pedoman:
  1. Bila Anda berjalan ke pasar burung ,kios,toko hewan(poultry shop/pet shop). Pastikan burung apa dulu yang ingin Anda pelihara, dan saya sarankan untuk Anda yang pemula bisa memulai pelihara burung yang makanannya tidak susah, seperti pemakan serangga/cacing/ulat.
  2. Saya sarankan pilihlah burung pemakan biji-bijian atau pemakan buah, seperti Kenari,lovebird atau mungkin kutilang.
  3. Jika Anda bingung jenis kelaminnya, tidak ada salahnya untuk menanyakan ke pemilik kios/toko untuk memberi info tentang jenis kelamin. Namun Anda tetap waspada, karena tidak sedikit pedagang kios yang “Nakal” dengan memberi info Palsu, ada baiknya Anda mengajak teman yang lebih dulu berpengalaman.
  4. Pastikan jika memilih di ombyokan/dikandang besar dijadikan satu, pilihlah yang lincah dan sehat serta terlihat rakus makan.
  5. Setelah terpilih burung yang sesuai dengan selera Anda, pastikan dalam membungkus diberi lubang udara agar burung bisa bernafas . Namun apabila Anda merasa was-was dan ragu, Anda bisa menempatkan burung pilihan Anda tersebut ke sangkar baru yang sebelumnya Anda beli terlebih dahulu.
  6. Sesampai dirumah, berilah pakan sesuai dengan menu pakan utama burung Anda tersebut.
  7. Berilah vitamin tambahan ke dalam air minumnya, agar terhindar dari penyakit dan burung selalu dalam kondisi prima.
  8. Jangan memandikan burung yang baru Anda beli dari pasar, karena burung dari pasar biasanya kondisinya masih lemah dan rentan penyakit bila dimandikan. Tunggu sekitar 2-3 minggu, bila burung Anda sudah terlihat sehat, bisa Anda memulai untuk memandikan. Bisa menggunakan spray/atau cepuk mandi.

0 komentar:

Post a Comment

Labels