Ad Home

Translate

Facebook

banner image

FB

Most Viewed

Friday, March 1, 2013

Sarang Kacer dan Jumlah Anak Kacer


Di tempat tempat atau daerah yang terdapat populasinya, sangat mudah menemukan sarang Kacer alias burung Murai, terutama dimusim kawin. Jatuh pada bulan berapa musim kawin burung kacer? Belum sedalam itu pengetahuan saya tentang kacer, saya tidak bisa menjawabnya, meski menyelidikinya tidaklah sulit.

Yang jelas saya pernah menemukan sarang kacer plus dengan anaknya. Kampung saya Simandulang, terdapat banyak kacer. Bila saya masuk hutan dan meniru kicauan burung yang dipercaya suka memakan kotoran tikus ini, dalam sekejab pasti akan mendapat balasan dari suara "yang sebenarnya".
anakan kacer
Anak kacer umur harian

Kacer bersarang di lubang lubang batang pohon, baik pohon yang sudah mati maupun yang masih hidup, baik tinggi ataupun rendah. Namun pohon pohon yang dipilihnya aman dari jangkau-an predator, tikus, musang, elang, dan sebagainya. Sarang kacer yang pernah saya temukan, di dalam bangkai pohon yang tingginya hanya sekitar 1 meter.

Memang lumayan cerdik si induk kacer, terbukti lepas dari jangkauan predator. Namun manusia, mereka sulit melewatinya. Hanya 1 meter tingginya, dan ketika ditemukan masih dalam bentuk telor. Hampir setiap beberapa hari saya pantau, sampailah ia menetas.
anak kacer jantan
Anak kacer usia mingguan

Rata rata telor kacer dalam satu perkawinan /sarang terdiri dari 2-3 butir, dan biasanya akan menetas semua. Sangat sering 3 butir, lebih dari itu jarang. Dan dalam 2 atau 3 hari pasca menetas anakan kacer sudah bisa di rawat pake tangan, dan kemungkinan selamat besar.

Dalam satu sarang, rasio pejantan dan betina tidak tentu. Kadang bisa tiga-tiganya betina, 1 jantan dua betina, dan sebagainya. Jumlah kelahiran kacer jantan agak minim. Rata rata 1 ekor dalam 3 biji telor, atau tanpa jantan sama sekali. Ngak percaya? Percayalah, karna doeloe itu yang sering saya lihat. Itulah sebabnya kacer betina lebih mudah ditemukan dialam.

Tapi apakah Kacer monogami? Gak tau juga sih, tapi kayaknya kacer suka kawin sana, kawin situ. Sekarang kacer banyak di tangkarkan, tidak semuanya berasal dari alam lagi. 
 
 
 
 

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive

Labels