Ad Home

Translate

Facebook

banner image

FB

Most Viewed

Tuesday, February 26, 2013

Cara Memilih Murai Batu Berkualitas


Dalam cara memilih murai batu banyak yang beranggapan bahwa burung murai batu yang berkualitas adalah burung murai batu yang berasal dari Sumatra, diantaranya berasal dari Aceh Atau Nias dan Medan, namun dari sekian jenis burung murai batu di Indonesia mayoritas pecinta burung murai batu lebih menyukai burung murai yang berasal dari Medan karena mempunyai ciri khas yaitu mempunyai ekor yang panjang, dapat dilatih dengan variasai ocehan yang lebih banyak, Kicau yang lebih merdu, tebal dan “ngerol” serta memiliki gaya bertarung yang memukau.

Ciri-ciri umum ( morfologis ) yang dimiliki oleh burung murai adalah : Ekornya yang panjang bahkan lebih panjang dari badannya, Warna  dan, kepala, sayap, paruh, dan ekor hitam mengkilap. Bulu dadanya berwarna coklat kemerahan.

murai batu MB Bagaimana Cara Memilih Murai Batu Berkualitas
Karena murai batu yang akan kita pilih adalah bakalan, maka upaya untuk memilih MB adalah dengan cara mengidentifikasi bagian-bagian tubuh burung tersebut, diantaranya adalah:
  • Mata,  Pilih MB Bakalan yang memiliki mata sehat, bulat besar dan melotot. dan hindari yang pada matanya terdapat tanda adanya katarak, yaitu adanya selaput berwarna putih pada bola mata.
  • Kaki, Usahakan cari kaki MB yang berwarna hitam, karena MB yang memiliki warna hitam pada kakinya, diyakini punya mental berani. Tapi ingat, bukan berarti kaki berwarna lain tidak bagus.
  • Ekor, Cari MB yang memiliki ekor rapat dan tidak terlalu tebal dan melengkung mulai pangkal, ekor seperti ini membuat MB memainkan ekornya pada saat ditrek, selain enak dipandang ekor yang ringan juga tidak mempercepat penurunan stamina burung pada saat lomba.
  • Bulu Dada, pilih bulu dada MB yang cenderung lebih cerah (kekuningan) karena kebayakan MB memiliki bulu dada berwarna coklat. MB bakalan dengan warna bulu dada seperti ini, biasanya cepat berbunyi.
  • Usia, pada saat mengukur usia MB buka mulutnya dan perhatikan rongga mulutnya. Jika masih berwarna putih atau sedikit cerah, maka MB tersebut masih muda, jika sudah berwarna hitam berarti MB tsb sudah tua dan semakin pekat warna hitamnya, walau ada juga para penghobi menilai usia MB dengan berdasarkan pengamatan pada kaki, hal lain yang perlu diperhatikan pada bagian bulu adalah MB bakalan muda memiliki bulu yang masih berbintik cokelat dibagian sayap sebelah luar maupun sayap sebelah dalam.
  • Mental, pegang lah MB bakalan jika dia menjerit kencang dan berusaha mematuk-matuk jari tangan kita biasanya MB seperti ini memiliki mental berani.
  • Bentuk paruh: Hindari memilih MB bakalan yang memiliki paruh bengkok, Sebaiknya pilih yang mimiliki paruh bagian bawah harus lurus, berpangkal lebar, tebal, besar dan panjang. Posisi lubang hidung pilih sedekat mungkin dengan posisi mata.
  • Leher panjang padat berisi. hal ini menandakan MB memiliki kemampuan mengeluarkan power suara secara maksimal.




0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive

Labels