Ad Home

Translate

Facebook

banner image

FB

Most Viewed

Tuesday, March 26, 2013

Pakan utama burung kacer

Burung Kacer banyak ditemukan di hutan-hutan di Indonesia. Burung ini banyak terdapat di Sumatera, Jawa dan Kalimantan. Ada dua jenis burung kacer, yaitu yang berwarna hitam semua dan hitam putih di dada. Burung ini mudah di dapatkan di setiap daerah kita, khususnya di toko-toko burung dan pasar burung. Dengan melihat warnanya kita dapat mengenali burung tersebut, jika kita datang ke toko burung atau pasar burung dan kita melihat ada burung dengan postur sedang dan warna hanya hitam dan putih, itulah burung kacer. Banyak penghobi burung memelihara burung kacer, harganya terjangkau untuk pemula dan mudah ditemukan. 

Makanan utama burung kacer adalah voor atau palet burung dan ditambah jangkrik. Burng kacer suka sekali mandi, pada pagi hari, siang dan sore, asal melihat bak mandi burung dan dimasukkan maka burung ini  akan mandi. Cara perawatan burung kacer mudah sekali, dengan menjemur pagi hari selama satu jam, dimandikan dan diberi makan, diletakkan di teras rumah setelah penjemuran pagi dan dimasukkan ke rumah pada malam harinya. 

Burung kacer adalah burung dengan karakter petarung, burung ini sering dilombakan di arena lomba burung. Kita dapat melihatnya pada hari minggu di lomba burung di daerah kita, banyak burung kacer yang dilombakan. Ada sifat burung kacer yang udik jika dilomba, yaitu burung ini kita lihat kadang suka nge balon (menggembung seperti balon), hal ini wajar bagi burung kacer. Ini terjadi jika burung kurang vit atau kalah mental, maka burung kacer akan nge balon. Burung kacer adalah burung penyanyi yang bagus, dengan lagu yang menyambung panjang (ngerol) disertai dengan gaya  buka ekor, leher meliuk liuk seperti ular, akan sangat indah sekali cara burung ini bernyanyi. Ini kita liat bila burung ini kita ada sesama burung kacer, khususnya dapat di lihat diarena lomba burung. Kita dapat menemukan komunitas penghobi burung kacer di daerah kota kita tinggal, dan kita dapat belajar dari mereka.  


Voer (sebaiknya PEMILIHAN yang berkadar protein sedang yaitu => 12%-18%protein, belum tentu Voer yang berharga mahal akan cocok dengan sistem metabolisme setiap burung Kacer. Voer harus selalu tersedia didalam cepuknya. Selalu ganti dengan Voer yang baru setiap dua hari sekali. 

EF (Extra Fooding), pakan tambahan yang sangat baik buat burung Kacer yaitu: Jangkrik, Orong-orong, Kroto, Cacing, Ulat Hongkong, Ulat Bambu, Kelabang, Belalang dan lainnya. Pemberian EF harus selalu disesuaikan dengan karakter pada masing-masing burung dan juga harus mengetahui dengan pasti dampak klausal dari pemberian EF tersebut.

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive

Labels