Ad Home

Translate

Facebook

banner image

FB

Most Viewed

Friday, March 22, 2013

Menentukan jenis kelamin burung parkit


Menentukan jenis kelamin burung parkit memang gampang-gampang susah, terlebih ada beberapa jenis burung parkit yang sulit ditentukan jenis kelaminnya.

Ada beberapa petunjuk yang akan membantu Anda untuk menentukan jenis kelamin burung parkit. Ini berarti bahwa sebagian jenis parkit akan menampilkan indikasi perbedaan gender sementara yang lain akan sulit untuk menentukannya.

Berikut ini beberapa ciri yang bisa dijadikan acuan dalam menentukan jenis kelamin burung parkit:

  • Cere
Karakteristik yang paling jelas dimorfik seksual pada burung parkit adalah cere. Cere adalah daerah berdaging di lubang hidung atau berada di atas paruh. Banyak kesamaan karakteristik antara burung parkit jantan dan betina, kecuali cere, warna cere berbeda berdasarkan jenis kelamin. Cere pada parkit betina berwarna cokelat atau ungu. Sedangkan warna cere parkit jantan adalah biru terang atau biru gelap. 

  • Perbedaan Perilaku
Sebagian pendapat mengatakan bahwa terdapat perbedaan perilaku antara parkit jantan dan betina. Meskipun bukan merupakan ilmu pasti, perbedaan perilaku dapat dijadikan indikasi dari jenis kelamin parkit. Parkit jantan umumnya lebih sering menggerakkan kepala, lebih bersifat sosial, serta lebih banyak berkicau. Sedangkan parkit betina lebih diam (tidak seaktif jantan) dan lebih jarang berkicau.

  • Kicauan
Perbedaan lain antara parkit jantan dan betina adalah pada kicauannya. Parkit jantan umumnya lebih banyak berkicau. Parkit jantan lebih mudah dilatih untuk berbicara atau menirukan berbagai suara. Meskipun tidak selalu akurat 100%, ciri-ciri ini bisa dijadikan rujukan dalam menentukan jenis kelamin burung parkit.

  • Tes Darah
Pada burung parkit yang berusia kurang dari 12 bulan, mengidentifikasi jenis kelamin secara visual sangatlah sulit, bahkan hampir tidak bisa diidentifikasi. Parkit pada usia ini belum sepenuhnya berkembang sehingga warna cere dan karakteristik fisik lainnya belum terlihat. Pada kondisi ini, dokter hewan bisa menentukan jenis kelamin burung parkit melalui tes darah.


0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive

Labels