Ad Home

Translate

Facebook

banner image

FB

Most Viewed

Thursday, March 14, 2013

Tips kaki atau sayap lovebird yang terkilir


Kadang kala terjadi pada Love Bird kesayangan kita kaki atau sayapnya terkilir / cidera. Sering kali menimbulkan bengkak pada bagian tertentu, atau dapat terjadi pendarahan apabila sudah terjadi cidera hebat pada persendian atau tulang.

Hal ini dapat terjadi karena beragam faktor, beberapa diantaranya:
  1. Terjadi pada saat terjadi goncangan hebat pada kurungan sehingga Love Bird terbentur keras
  2. Terjepit pada ruji sangkar dan ditarik secara tidak benar
  3. Salah tekan atau salah waktu memegang Love Bird
  4. Terjadi perkelahian dengan Love Bird lain
Love Bird akan tampak kesakitan pada bagian dimana terjadi terkilir/cidera. bisa terlihat dengan Sayap atau kaki gemetar, juga dengan sayap atau kaki terlihat kaku.

Pengobatannya cukup mudah, yaitu dengan:
Oleskan minyak tawon untuk melancarkan kembali peredaran darah pada bagian yang diolesi. Sangat efektif untuk menyembuhkan pembengkakan juga peredaran darah tersumbat. Juga bisa menggunakan obat penghilang rasa nyeri atau terkilir lainnya yang berguna untuk manusia.

Apabila Love Bird yang terkilir ada 1 kandang dengan Love Bird lain yang tidak jodoh/suka bertengkar, pisahkan Love Bird yang sakit ke tempat tersendiri untuk sementara untuk menjegah terjadinya penganiayaan pada Love Bird yang sedang cidera oleh Love Bird lain yang tidak jodoh.

Catatan:
Lebih baik jangan mengurut/memijat pada bagian yang bengkak. Karena pemijatan hanya akan membuat semakin parah keadaan, urat yang terkilir akan semakin terkilir apabila tidak dilakukan secara benar.

Sumber:
Sweetlovebird.blogspot.com/


0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive

Labels